Selasa, 13 April 2010

SEQUENCE DIAGRAM

                                            SEQUENCE  DIAGRAM

 

 

Definisi:

    Sequence diagram adalah suatu diagram yang menggambarkan interaksi antar obyek dan mengindikasikan komunikasi diantara obyek-obyek tersebut. Diagram ini juga menunjukkan serangkaian pesan yang dipertukarkan oleh obyek-obyek yang melakukan suatu tugas atau aksi tertentu. Obyek-obyek tersebut kemudian diurutkan dari kiri ke kanan, aktor yang menginisiasi interaksi biasanya ditaruh di paling kiri dari diagram.Pada diagram ini, dimensi vertikal merepresentasikan waktu. Bagian paling atas dari diagram menjadi titik awal dan waktu berjalan ke bawah sampai dengan bagian dasar dari diagram. Garis Vertical, disebut  lifeline,  dilekatkan pada setiap obyek atau aktor. Kemudian, lifeline tersebut digambarkan menjadi kotak ketika obyek melakukan suatu operasi , kotak tersebut disebut activation box. Obyek dikatakan mempunyai live activation pada saat tersebut.Pesan yang dipertukarkan antar obyek digambarkan sebagai sebuah anak panah antara activation box pengirim dan penerima. Kemudian diatasnya diberikan  label  pesan. Salah  satu  contoh  sequence  diagram  digambarkan sebagai berikut:

                          

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

      Tujuan penggunaan sequence diagram :

1. Mengkomunikasikan requirement kepada tim teknis karena diagram ini dapat lebih mudah untuk dielaborasi menjadi model design.

2. Merupakan diagram yang paling cocok untuk mengembangkan model deskripsi use-case menjadi spesifikasi design.

        Waktu Penggunaan sequence diagram :

1. Pada tahap discovery : Sequence diagram dari use case yang dipilih dibuat oleh Business      Analyst.

2. Pada tahap construction : System analyst menggunakan use case dan sequence diagram yang dibuat oleh Business Analyst  sebagai input untuk pembuatan technical sequence diagram yang akan ditinjau kembali oleh Business Analyst

3. Pada tahap final verification and validation : sequence diagram digunakan untuk merancang test dari use-case scenario.

 

              SEQUENCE DIAGRAM UML:

    urutan diagram UML digunakan untuk mewakili atau model aliran pesan, kejadian dan tindakan antara objek atau komponen dari suatu sistem. Waktu adalah diwakili dalam arah vertikal menunjukkan urutan interaksi elemen header, yang ditampilkan secara horisontal di bagian atas diagram.

Sequence Diagram digunakan terutama untuk desain, dokumen dan memvalidasi arsitektur, interface dan logika sistem dengan menggambarkan urutan tindakan yang perlu dilakukan untuk menyelesaikan tugas atau skenario. urutan diagram UML adalah alat desain berguna karena mereka memberikan pandangan yang dinamis dari perilaku sistem yang dapat sulit untuk mengambil dari diagram statis atau spesifikasi. Meskipun UML diagram urutan biasanya digunakan untuk menjelaskan perangkat lunak sistem berorientasi-objek, mereka juga sangat berguna sebagai alat rekayasa sistem untuk merancang arsitektur sistem, dalam proses rekayasa bisnis seperti diagram alur proses, sebagai urutan bagan arus pesan dan panggilan untuk telekomunikasi / sistem nirkabel desain, dan untuk stack protokol desain dan analisis. Lihat juga untuk menghindari kesalahan umum ketika menggunakan diagram urutan .

Bagaimana cara aku membangun suatu diagram kasus penggunaan?

 

   Diagram Kasus Penggunaan di dalam UML memerlukan para aktor utk beberapa kasus dan penggunaannya, dan bisa dpt menguraikan penggunaan notasi yang benar.Kita dapat menempa di depan sekalipun kita belum pernah mengenali semua para aktor dan kasus penggunaan,kita menggunakan diagram sebagai alat perekaman,pemikiran dan berkomunikasi.

 

Contoh gambar dari sebuah toko online :

 

 

 

Tutorial ini menjelaskan elemen-elemen gambar dasar yang digunakan dalam diagram urutan dan ketika mereka digunakan. Ini adalah elemen diagram yang didukung oleh alat Sequence Diagram Editor . Beberapa bukan bagian dari spesifikasi UML dan mungkin tidak didukung oleh alat UML lain

     Sebuah diagram menunjukkan urutan, sebagai garis vertikal paralel (lifelines), proses yang berbeda atau objek yang hidup secara bersamaan, dan, sebagai panah horisontal, pesan yang dipertukarkan antara mereka, dalam urutan di mana mereka muncul. Hal ini memungkinkan spesifikasi skenario runtime sederhana secara grafis.

Misalnya, UML 1.x diagram di sebelah kanan menggambarkan urutan pesan dari suatu sistem restoran (sederhana). Diagram ini merupakan Pelindung memesan makanan dan anggur, minum anggur lalu makan makanan, dan akhirnya membayar untuk makanan. Garis putus-putus memperpanjang bawah menunjukkan timeline. Waktu mengalir dari atas ke bawah. Panah merupakan pesan (stimulus) dari seorang aktor atau objek ke objek lain. Sebagai contoh, Patron mengirimkan pesan membayar '' ke Kasir. Setengah panah menunjukkan pemanggilan metode asinkron.

The UML Sequence Diagram 2,0 mendukung notasi mirip dengan UML 1.x Sequence Diagram dengan menambahkan dukungan untuk variasi model terhadap aliran standar kegiatan.

 

Diagram blok bangunan :

     Jika garis hidup adalah bahwa suatu objek, hal ini menunjukkan peran. Perhatikan bahwa meninggalkan nama kosong dapat mewakili contoh kasus anonim dan tidak disebutkan namanya.

 Untuk menampilkan interaksi, pesan akan digunakan. Ini adalah horisontal panah dengan pesan yang ditulis di atas nama mereka. Solid panah dengan kepala penuh adalah panggilan sinkron, padat panah dengan kepala tongkat adalah panggilan asynchronous dan berlari panah dengan kepala tongkat pesan kembali. Definisi ini berlaku pada UML 2, sangat berbeda dari UML 1.x.

Aktivasi kotak, atau metode panggilan kotak-, adalah persegi panjang buram ditarik di atas lifelines untuk menyatakan bahwa proses-proses yang sedang dilakukan dalam menanggapi pesan (ExecutionSpecifications di UML).

Objek memanggil metode pada diri mereka sendiri menggunakan pesan dan menambahkan kotak aktivasi baru di atas setiap orang lain untuk menunjukkan tingkat lebih lanjut pengolahan

Ketika sebuah objek dihancurkan (dihapus dari memori ), X digambarkan di atas garis hidup, dan garis putus-putus lagi menjadi tertarik di bawah ini (ini tidak terjadi di contoh pertama meskipun). Harus hasil pesan, baik dari obyek itu sendiri, atau yang lain.

Sebuah pesan yang dikirim dari luar diagram dapat diwakili dengan pesan yang berasal dari penuh-dalam lingkaran (menemukan pesan dalam UML) atau dari perbatasan diagram urutan (gerbang di UML).

UML 2 telah memperkenalkan perbaikan signifikan terhadap kemampuan diagram urutan. Sebagian besar perbaikan didasarkan pada gagasan fragmen interaksi  yang merupakan bagian

 

kecil dari sebuah interaksi melampirkan. Beberapa fragmen interaksi dikombinasikan untuk menciptakan berbagai fragmen gabungan  , yang kemudian digunakan untuk interaksi model yang meliputi paralelisme, cabang kondisional, dll opsional nfch interaksi Penggunaan dan keterbatasan       

Beberapa sistem memiliki kemampuan dinamis sederhana yang dapat dinyatakan dalam urutan tertentu pesan antara sejumlah kecil tetap objek atau proses. Dalam kasus seperti diagram urutan sepenuhnya dapat menentukan perilaku sistem. Sering kali, perilaku yang lebih kompleks, misalnya ketika berkomunikasi set objek yang besar atau sangat bervariasi, ketika ada banyak poin cabang (pengecualian misalnya), bila ada iterasi yang rumit, atau masalah sinkronisasi seperti pernyataan sumber daya. Dalam kasus tersebut, diagram urutan tidak dapat sepenuhnya menggambarkan perilaku sistem, tetapi mereka dapat menentukan tipikal kasus gunakan untuk sistem, rincian kecil dalam perilakunya, dan disederhanakan overviews perilakunya.

 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar